Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan

Signal BlackBerry hilang/SOS, terkadang juga signal BlackBerry menjadi GSM, atau signal BlackBerry GPRS/EDGE/3G yang tadinya huruf besar menjadi huruf kecil gprs/edge/3g tentu sangat menjengkelkan, sehingga membuat BlackBerry lemot dan beberapa layanan BlackBerry tidak dapat digunakan seperti Browsing, BlackBerry Messenger, dan lainnya. Maka dari itu pada blog Trik dan Tips BlackBerry ini saya menambahkan artikel tentang Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan, agar anda menggerti setiap tanda signal yang muncul pada BlackBerry anda dan tahu cara perbaikannya.

Berikut penjelasan tanda signal BlackBerry dan solusi untuk perbaikannya:

Tanda Signal SOS Pada BlackBerry

Signal SOS pada BlackBerry menandakan bahwa BlackBerry anda tidak mendapat signal/signal hilang, bisa saja terjadi jika anda berada di ruangan yang sangat minim mendapat asupan signal. Signal SOS pada BlackBerry membuat anda tidak dapat melakukan pengiriman/penerimaan SMS, Browsing, Chatting dan hampir semua layanan  yang memerlukan signal BlackBerry.

Solusi: Jika anda berada dalam ruangan minim signal, tentunya anda harus mencari tempat yang mendapat asupan signal yang cukup sehingga signal BlackBerry yang tadinya SOS kembali normal. Namun jika anda berada di ruangan yang memang mendapat asupan signal yang cukup tapi signal BlackBerry anda masih SOS, coba lakukan soft reset atau hard reset/reboot/restart BlackBerry anda, kalau masih belum bisa pancing signal BlackBerry atau bisa dengan Diagnostics Test dengan Host Routing Table.

Tanda Signal GSM

Tanda signal GSM pada BlackBerry, membuat BlackBerry anda hanya bisa di gunakan untuk SMS dan Telepon, tidak ada layanan data service yang bisa di gunakan seperti chatting, Email, Browsing, dll.

Solusi: hampir sama dengan solusi tanda signal BlackBerry SOS, anda bisa pancing signal BlackBerry anda atau PING!! ke server RIM dengan Diagnostics Test.

Signal BlackBerry Huruf Kecil gprs/edge/3g

Tanda signal gprs/edge/3g huruf kecil berarti anda belum melakukan pendaftaran untuk berlangganan paket data BlackBerry atau BIS. Bisa juga terjadi yang tadinya GPRS/EDGE/3G huruf besar menjadi huruf kecil gprs/edge/3g karena error pada data service di jaringan operator.

Solusi: Kalau anda belum berlangganan paket BIS anda bisa berlangganan terlebih dahulu, baca cara daftar dan info tarif. Jika memang sudah berlangganan layanan data service BlackBerry dan signal menjadi huruf kecil gprs/edge/3g maka anda bisa coba pancing signal BlackBerry anda atau lakukan Diagnostics Test.

Signal BlackBerry Huruf Besar GPRS/EDGE/3G

Signal BlackBerry GPRS/EDGE/3G dengan huruf besar berarti BlackBerry anda berada dalam layanan paket data BIS sehingga anda bisa menggunakan semua fitur browsing, chatting, Email, dll sesuai paket BIS yang anda ambil. Untuk penjelasan network GPRS/EDGE/3G akan saya buat arikelnya nanti.

Cara Pancing Signal BlackBerry

Berikut step by step cara untuk pancing signal BlackBerry SOS/GSM/huruf kecil semua gprs/edge/3g, namun sebelumnya anda sudah berlangganan paket data BlackBerry tentunya.

Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan–    Buka Manage Connection (pada homescreen arahkan kusor ke paling atas seperti pada gambar) Note: gambar di atas saya capture dari BB saya BlackBerry Apollo OS 7, untuk OS 5 masih sama hanya berbeda tampilan menu saja.

–   Uncentang box Mobile Network dan centang lagi

–  Jika signal masih belum kembali normal, PING server RIM dengan Host Routing Table.

Artikel Terkait:

83 Responses to Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan

  1. Pingback: Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan | elangbantarangin

  2. bro says:

    thanks pak atas penjelasannya sangat membantu…..!

    • PAK JOHAN says:

      Kami sekelurga mengucapkan banyak trimah kasih kpada AKI NUGROHO atas bantuanya no 4d (7830) benar2 tembus 100% bila mau bukti hubungi AKI NUGROHO di nmr ini ;0823=1920=8865; Trma ksh.

      Kami sekelurga mengucapkan banyak trimah kasih kpada AKI NUGROHO atas bantuanya no 4d (7830) benar2 tembus 100% bila mau bukti hubungi AKI NUGROHO di nmr ini ;0823=1920=8865; Trma ksh.

      Kami sekelurga mengucapkan banyak trimah kasih kpada AKI NUGROHO atas bantuanya no 4d (7830) benar2 tembus 100% bila mau bukti hubungi AKI NUGROHO di nmr ini ;0823=1920=8865; Trma ksh.

    • rito says:

      bagaimana cara menghidupkan bbm baru data sudah diikutkan paket tapi tidak bisa digunakan

  3. Pingback: Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan | Tips dan Trik Blackberry

  4. Pingback: Tips dan Trik penggunaan Aplikasi Teknologi | marinaa97

  5. Pingback: Tips dan Trik Tentang Pengunaan BlackBerry | cdpbwl

  6. Pingback: Tips dan Trik Blackberry | cynimeyy

  7. bigJo says:

    gan sinyal saya cuma ada tulisan 3G aja pdhal saya sudah mendaftar paket dan ada sms balasan dari operatornya, nah tp sinyal BB yg biasa muncul bersama 3G-nya gak ada! itu gimana tuh gan! sya sdh melakukan soft and hard restart tp tetap saja masih gak ada perubahan
    saya juga pake blackberry Apollo os 7

    • Lya says:

      iya nih masalahnya sama cuma ada sinyal 3G tp gak bisa akses internet ga bisa tlp, ga bisa bbm. cuma bisa sms aja. saya juga pake bb apollo os7 9360

    • coba buka option> Host routing table > pilih gprs ID > register now
      cabut batre kemudian pasng lagi >>
      sinyalnya piih yg 3G saja
      kemudian pake manual

  8. Pingback: Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan | 28aa7bb7

  9. sayang banget aku belum punya bb…

  10. men says:

    gan bb saya gk bisa cek pulsa knp yaa ? saya pake bb apollo 9360
    tolong yaa…

  11. joni says:

    kk bb saya tidak bisa untuk paket berlangganan paket bis itu knp ya, setiap mau registrasi selalu ada balasan, sistem sedang sibuk, coba ulangi beberapa saat lagi. knp begitu trs? dan signal bb saya kok kecil?
    mohon solusinya ya.
    thx

  12. farhan says:

    kenapa setelah injek pake vendor CDMA bb 8530 verizon sy ko sinyalnya ada huruf D hasilnya bb g bisa di pakai

  13. Pingback: Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan | KRISTINE-BERRY

  14. amelia\ says:

    gmna cra PING server RIM dengan Host Routing Table -nya???
    tolong di balas…
    terima kasih.. 🙂

  15. febry says:

    kayak mna cra menghilang kan SOS pada BB……
    knpa ga bsa sama se x ia…..

  16. ratna says:

    Saya pake bb 8520 knp dtmpt kerja saya da tulisan sos ya smua kartu. Tlng solusi’y ya

    • Irfan says:

      Kantornya di gedung tinggi Mbak? Di lantai berapa? Kadang ada gedung yang coveragenya kurang, terutama di lantai yang tinggi karena tidak ada antenna indoor. Selain itu juga di basement. Kalau di luar gedung tak ada masalah, berarti memang tempat kerja Mbak masih blank spot.

      Biasanya antenna dari tower-tower BTS itu mengcover/mengarah ke bawah. Sedangkan gedung tinggi, terkadang lebih tinggi dari tower tersebut. Makanya butuh antenna indoor di gedung tersebut.

      Gak semua gedung punya coverage indoor, dan meskipun ada antenna indoor di sebuah lantai misalnya, itu belum menjamin semua sudut di lantai tersebut sinyalnya bagus. Tidak ada coverage yang benar-benar ideal :).

      Coba cek ada “mangkuk” putih yang nempel di langit-langit, dengan logo operator tertentu.

  17. Rissa says:

    Mau tanya dong .bb gemini saya kena air dan signal jadi SOS .bagaimana cara memperbaikinya ?

  18. Pulsa Online says:

    sekedar tambahan, rajin2lah merestart dan cleaning registry setiap hari agar kinerja bb maksimal

  19. Davey says:

    Bro thanks sharing nya…..kebetulan saya lagi mengalami signal bb 9000 yg sering sos maupun dgn G yg dlm huruf kecil.
    langkah2 nya sudah saya jalan kan tapi kok tetap nga bisa normal ya ? apakah ini berarti harus di reparasi ? mohon petrunjuk langkah selanjut nya…terima kasih

    salam
    davey

  20. Zulkifli Rahman says:

    terima kasih infonya, sangat bermanfaat

  21. apa yang harus dilakukan jika mobile network tidak bisa di log on?
    terima kasih atas jawabanya

  22. Ari says:

    saya menggunakan BB Storm 9520, namun begitu saya memasukkan sim card saya, bb saya malah SOS dan ada pesan “Insert Sim Card” mohon pencerahannya 😀 terimakasih

    • Irfan says:

      “insert sim card” berarti kemungkinan ada masalah dengan simcardnya Sob. Coba pastikan dengan menggunakan simcard lain milik teman, tak perlu langganan paket BB dulu, pastikan sinyalnya ada. Jika simcard lain mengalami masalah yang sama, mungkin masalahnya ada di BB kamu…

    • lismoo says:

      sepertii punya sayaaa , samaa persis masalahnyaa , gimana solusinyaa , udah aku ganti kartu lain tp masih sama aja

  23. pramuardi galih says:

    Gan, klo BB saya kan ada tanda segitiga putih, itu kan berarti roaming, terus klo roaming dimatikan ada tanda segitiga merah, tapi GSM / EDGE / 3G / 3GBB hilang cm muncul gsm / edge / 3g saja dan gak bisa BBMan dll, padahal saya di indonesia dengan kartu Indos** I*3 dan sudah daftar full service, mohon solusinya.. terimakasih

  24. tintus andri says:

    cara merubah supaya sinya GSM jd EDGE gmn udh ane coba PING server RIM dengan Host Routing Table.tp tetep gbs?

    • Irfan says:

      itu terjadi di tempat tertentu (di rumah saja misalnya), atau di semua lokasi Sob? Kalo hanya di tempat tertentu, kemungkinan ada masalah jaringan di tower dekat situ. Kalau masalah terjadi di semua lokasi, saran saya coba telepon customer care, karena mereka bisa melihat status detail dari simcard kita, misalnya paket internet atau paket bb yang aktif.

      GSM : tidak ada layanan data, hanya telepon
      Gprs : layanan data tersedia, tetapi tidak ada layanan blackberry
      GPRS : layanan data dan blackberry tersedia
      edge : layanan data tersedia, tetapi tidak ada layanan blackberry
      EDGE : layanan data dan blackberry tersedia

      Kalo keterangan di atas, GSM tidak ada layanan data. Jadi untuk melakukan ping saja mungkin tidak bisa (ping butuh koneksi internet/layanan data tersedia).

  25. Irfan says:

    Artikelnya bagus dan membantu gan…ditunggu artikel lainnya…

  26. Pingback: Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan | bekberry

  27. Iccho says:

    Gan minta bantuan dong, sebelumnya blackberry saya salah paswort, trus saya disarankan untuk mengetik paswort sampai 10x trus reset, BB saya bisa dibuka tapi setelah itu BB saya tidak dapat sinyal sama sekali cuma ada tertulis SOS, gimana ya bro????

  28. susah ja eeee sos trik nya

  29. shigit says:

    gan sinyal ane cuman 1x doang..paket bis ane udah aktif padahal,sepertinya semua cara udah ane lakuin,barangkali ada trik lain yg lebih manjur, ane pake bb aries 8530 cdma
    yg bisa bantu, tolongin ane!!

  30. rudi kuncoro says:

    Bb saya ada tulisanya ” no signal ” mohon solusiya, tq.

  31. anzarx says:

    gan ane pke bb curve 8520, mmc gk kebaca trus gx dpat sinyal -no service- terus.
    Kira2 knpa ya gan.

  32. Pingback: Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan | raeyhandl's Blog

  33. SHARA says:

    Semua langkah di atas udah sy lakukan, tp ko ttp aja di BB sy tandanya GSM, pdhl layanan BIS sy msh ada, batray udh dilepas tp ttp aja ga brhasil….
    BB 8520…. Tolong bantuannya????

  34. Jefry says:

    kebetulan signal blackberry saya sedang bermasalah
    terima kasih atas solusi dan bantuannya

  35. Agy Ramdhan says:

    PING!! RIM itu gmn ? aku g tw

  36. lismoo says:

    kenapa bb strom 1 ku sinyalnya SOS padahal udah aku ganti2 kartu yg lain tp masih jg SOS , Tolong solusinyaaaa yaaaa ,

  37. Beng says:

    signal gw 3G, tp kok ga ada layanan BIS, padahal uda d daftar fullservis, di smua lokasi kaya gtu, gimana nih

  38. adad says:

    kalo recent updatenya ngga jalan terus kalo ngeBM ngga deliv2 itu gmna yah?

  39. Pingback: Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan | My Share

  40. Jeshi says:

    aneh dah coba segala cara di atas tetap gak bisa, restart, ping rim, atau registrasi ulang dan test jaringan. eh tetap gak bisa. dan ternyata ane coba pilih manual jaringannya malah bisa gan, coba dulu aja ^^

  41. Pingback: Penjelasan Tanda signal dan Solusi Perbaikan Balckberry | Blogger Ime Eyes Seo

  42. fikrooo says:

    Jika OS anda diatas 7.0 maka pilihannya adalah ditambahkan 123, sedangkan di bawah OS 7.0 adalah 1234 kecuali pada OS 5.0 maka ditambahkan 1111. Hal ini seringkali terjadi manakala anda melakukan backup pada saah satu fitur blackberry tidak secara sempurna dan menandakan bahwa sistem di Blackberry anda terkena virus baik dari sambungan internet maupun akses perpindahan data. Perubahan biasanya terjadi 2 atau 3 hari setelah proses backup.

    Semoga bermanfaat !

  43. Pingback: Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan | Kristine_As

  44. badrun alaidrus says:

    Mau tanya nih bb onyx 2 saya kalo di pasang ke mode jaringan 3G dan 2G kok palah munculnya SOS sih,,,!!?? Kasih solusinya dong,,thank

  45. Istanamurah says:

    walau ini postingan setahun lebih tapi masih bermanfaat sekali dan ane berterimakasih atas solusinya

  46. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : http://www.fastpay-nasional.com
    Hp:081335640101

  47. arya says:

    Kenapa ni kalau jaringan 3G di aktifkan kok gak pernah ketemu yang tertulis cuman ” sedang mencari jaringan ” biar di mana pun tempatnya. Mohon di bantu yah

  48. gan kalo bb cdma 8530 yang saya kenapa ya terus “searching for network” terus , sama ga ada sinyal aja padahal sebelum sebelumnya ga pernah terus sinyal smartfren dirumah saya bagus

  49. IstanaMurah says:

    bisa untuk dicoba nih dan semoga bisa BB ku,

  50. iyaa mlh trkadang bs eror sinyallnya

  51. Ade Tasya says:

    BB saya jaringanya edge kecil dan sering kali GSM dan saya memakai BB 9300
    bagaimana cara membuat jaringan 3G?

  52. gan ane mau nanya nih ane pke BB strom 2 kok mau isi vocer TRI malah memanggil terus..
    gimana cara isi nya.
    tolong solusinya

  53. hendri says:

    gan mau tanya hp saya blackberry curve 9370 tapi jaringannya EDGE sedangkan temen saya ko 3G ya itu gimana gan? sampe sekarang saya masih bingung

  54. admin says:

    terima kasih informasinya sangat bermanfaat

  55. jesiska says:

    thanks gan solusinya (y)

  56. PUYUNG says:

    BB saya tipe Torch 9700. tapi sinyalnya berubah menjadi GSM. Bagaimana caranya mensetting menjadi EDGE? tidak bisa untuk BBMan . mhon bantuan dan caranya terima kasih

  57. Info Bermanfaat Sekali 🙂 BBM Saya Pending Melulu Wkwkwkwk
    Tutorial Baru : http://informasi-gameindo.blogspot.com/2015/05/cara-instal-2-bbm.html

  58. sandhya reddy says:

    Recruitment voice provides recruitment, latest jobs, jobs in India, Job Requirement, Government Jobs, Banking News, and GK Updates, current@recruitmentvoice.com

  59. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat

    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

  60. cetakankue says:

    bb ane jadul gan.. 😦

  61. areham says:

    Gan bb saya gemini kepler,k kluar 3gp y,padahal saya dekat ma tower telkomsel tolong dong gan plishh.?

  62. asvera says:

    Siang.. Hp sy BB gemini 8520.. Semenjak ganti karet disamping nya hp sy jd susah sinyal.. Gmn ya cara mengatasi nya .. Trims

  63. bantalfoto says:

    selamat siang,,,saya mau tanya kenapa sinyal dengan blackbeery cdma 8530 dengan nomer pin 312C618..chat orang lain bisa masuk kesaya…tapi chat saya gabisa masuk…mohon bantuannya scepat mungkin

  64. Nice Information

    New Year 2017 – http://www.newyear-2017images.com/ New Year 2017 Images Happy New year Wishes 2017, Happy New Year 2017, New Year Wishes, New Year Greetings

  65. I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

  66. isdhan says:

    saya punya masalah dengan BB apollo …..saya hanya gunakan untuk tekpon sama sms saja tidak berlangganan atau aktifkan bbm fb dll ,hanya telpon doang dan sms.tetapi selalu gagal,tertulis tidak ada layanan .sementara jaringan terlkomsel ada dan tertulis 3G bagaimana cara solusinya.saya sudah coba PIng tapi di minta APN nya
    . test diagnosis sudah tapi tidak ada hasil.reset pun sama tidak ada hasil solusinya bagimana

Leave a comment